Aplikasi Penilaian Siswa Kurikulum 2013

Bagi para guru, kurikulum 2013 bisa jadi merupakan momok, terutama dalam menyusun penilaian siswa. Nah, dengan aplikasi ini, para guru akan sangat dimudahkan dalam menyusun nilai siswa berdasarkan kurikulum 2013. Namanya Aplikasi Rojoe. Aplikasi ini bisa di download akhir artikel

ROJOE adalah aplikasi Penilaian Siswa untuk Sekolah Dasar (SD) berbasis aplikasi Windows (bukan aplikasi Ms. Excel seperti yang sudah-sudah) yang didasarkan pada kurikulum 2013 (K-13).

Dengan menggunakan aplikasi ROJOE, Anda dapat mengerjakan administrasi penilaian siswa lebih mudah, cepat dan efisien, bahkan jika Anda tidak pernah mengerti Ms. Excel.

  • Data Mapel Siap Pakai
    ROJOE telah dilengkapi dengan database mata pelajaran sesuai dengan ketentuan dari DAPODIK, Anda tidak perlu lagi mengetik data mata pelajaran secara manual.
  • Data Muatan Kurikulum
    ROJOE juga dilengkapi dengan database muatan kurikulum meliputi Kompetensi Dasar, Kompetensi Inti, dan Komponen Penilaian Sikap untuk melakukan evaluasi. Anda tidak perlu lagi mengetik data muatan kurikulum secara manual.
  • Manajemen Siswa
    ROJOE mempunyai fitur import data siswa dari data dapodikdas untuk melakukan pengisian data siswa secara cepat dan otomatis. Anda juga dapat menambah, mengubah dan menghapus data siswa secara manual.
  • Penilaian dan Evaluasi
    ROJOE menyediakan 2 proses penilaian yang akan memudahkan Anda dalam melakukan proses penilaian.
    1. Penilaian Per Evaluasi
      Penilaian yang dilakukan per butir soal yang akan menghasilkan data laporan berupa daftar nilai per anak, analisis butir soal per anak, daftar periksa per anak dan daftar remedial.
      Selain laporan tersebut pada tingkat KD anda akan memperoleh laporan rata-rata KD yang akan dimasukkan ke rapor, rata-rata mapel untuk KI 3 baik individu maupun kelas serta rapor siap cetak.
    2. Penilaian Per KD
      Penilaian yang dilakukan pada tingkat KD, untuk melakukan penilaian menggunakan proses ini Anda harus sudah mempunyai nilai KD secara manual.
      Pada penilaian per KD, anda hanya akan mendapat laporan tingkat KD yaitu rata-rata KD yang akan dimasukkan ke rapor, rata-rata mapel untuk KI 3 baik individu maupun kelas serta rapor siap cetak.
  • Rata-rata KI dan KD Otomatis
    Secara otomatis ROJOE akan menghitung rata-rata KI dan KD berdasarkan nilai evaluasi yang telah Anda masukkan kedalam software, Anda tidak perlu menghitung secara manual untuk mendapatkan nilai KI dan KD.
  • Cetak Rapor
    ROJOE telah menyiapkan format rapor yang siap cetak, dengan data yang telah otomatis terisi sesuai dengan data yang Anda input pada pengaturan awal, meliputi:
    • Data Sekolah
      Anda tidak perlu lagi memasukkan data sekolah kedalam rapor karena software akan otomatis menampilkan data sekolah Anda.
    • Data Guru
      Sama seperti pada data sekolah, software akan otomatis menampilkan data guru pada rapor. Anda tidak perlu mengetik ulang satu per satu data guru kedalam rapor.
    • Data Siswa
      Data masing-masing siswa akan otomatis ditampilkan pada rapor sesuai dengan data siswa dari dapodik yang anda masukkan kedalam software, Anda hanya perlu menyesuaikan data jika terdapat kesalahan pada data siswa yang tampil pada rapor.
    • Narasi Nilai Kulitatif Otomatis
      Anda tidak perlu membuat narasi nilai kualitatif secara manual karena software ROJOE akan membantu Anda dalam melakukan penilaian kualitatif. Secara otomatis software akan menampilkan narasi nilai kualitatif kedalam rapor sesuai dengan hasil nilai rata-rata KD masing-masing siswa. Jika diperlukan, Anda dapat menyesuaikan deskripsi narasi sesuai dengan tata bahasa Anda sendiri.
  • Nilai KI 3 Individu
    ROJOE telah menyiapkan fitur Nilai KI 3 Individu yang akan menampilkan Nilai Kuantitatif Aspek Pengetahuan per siswa didik dan dapat Anda cetak kedalam media kertas untuk disertakan kedalam rapor.

how to buy car insurance online

Share on :