Cara Mudah Mencari Jenis Kelamin dan Tanggal Lahir Berdasarkan NIK

Rumus mencari jenis kelamin dan tanggal lahir di excel ini dapat digunakan untuk mempercepat input data kependudukan. Dengan menggunakan rumus ini, kita dapat mengetahui jenis kelamin dan tanggal lahir seseorang berdasarkan NIK (Nomor Induk Kependudukan). Sebagai catatan, NIK seseorang memuat tanggal lahir orang tersebut. Yaitu mulai dari digit ke-7 dan 8 untuk tanggal, 9-10 untuk bulan, dan 11-12 untuk tahun. Khusus NIK berjenis kelamin perempuan (P), maka Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil mempunyai format 40+tanggal lahir. Misalnya seorang Perempuan lahir pada tanggal 21, maka NIK perempuan tersebut pada digit ke 7 dan 8 adalah 61 (40+21).

Berdasarkan hal tersebut, kita dapat dengan mudah mencari Jenis Kelamin dan Tanggal Lahir seseorang hanya berdasarkan NIK. Berikut ini adalah rumus excel untuk mencari jenis kelamin dan tanggal lahir. Perhatikan gambar sebagai berikut.


Nah, setelah Jenis Kelamin, kita akan mencari tanggal lahir. Berikut ini rumus excel untuk mencari tanggal lahir berdasarkan NIK


Mudah bukan? Namun ada sedikit masalah di rumus ini. Yaitu excel akan membaca kelahiran tahun 2000 ke atas menjadi tahun 1900. Contohnya kelahiran  23/10/01, akan dibaca 23/10/2011. Sehingga perlu dilakukan penyesuaian lagi. Semoga bermanfaat.

how to buy car insurance online

Share on :