Cara Validasi Jumlah KK dan AK di Prodeskel

Setelah menginput KK dan AK menggunakan aplikasi khusus, kadang jumlah total KK dan AK yang kita input ternyata berbeda dengan jumlah KK dan AK yang ada di data excel. Mencari satu persatu jelas melelahkan. Namun ada solusi yang lebih mudah dan cepat.

Pertama, kita setting dlu data excelnya dengan menggunakan fitur filter untuk mencari jumlah KK dan AK per RT maupun per RW. Caranya sudah kami berikan pada saat bimtek profil desa dan kelurahan tahap pertama di bulan Mei. Yaitu filter dlu untuk Kepala Keluarga, kemudian lanjutkan filter untuk RW dan RT.

Kedua, kita setting data prodeskel per RT dan RW. Caranya dengan masuk ke menu DDK -> Entry Data -> Pengelompokkan. Kemudian pilih pengelompokkan berdasarkan RT RW. Lebih jelasnya bisa di baca di Cara Mengelompokkan Data Kepala Keluarga per RT/RW

Kemudian, bandingkan antara data excel dengan data di prodeskel. Apabila ada yang tidak sama jumlahnya, maka kemudian kita cek satu per satu KK di data excel dan di prodeskel. Agar lebih cepat, gunakan fitur sortir pada excel, dan fitur pengurutan pada prodeskel.

Setelah jumlah KK sudah sesuai semua, giliran kita validasi jumlah AK atau jumlah penduduk. Pada excel masih sama caranya, yaitu menggunakan menu filter. Adapun pada Prodeskel, caranya kurang lebih sama seperti di atas, hanya saja kita masuk ke menu DDK -> KK dan Anggota Keluarga.

Selamat Mencoba!

how to buy car insurance online

Share on :