Cloud Office, Nikmatnya Kerja tanpa Batasan Waktu dan Tempat

Di jaman yang sudah modern ini, rasa-rasanya sudah mulai bisa diterapkan cloud office secara terbatas di beberapa lingkungan kerja. Tapi mungkin ada yang belum tahu apa itu cloud office. Cloud Office ini berhubungan erat dengan Cloud Computing.

Secara sederhana, cloud computing adalah komputer yang saling terhubung dalam jaringan tertentu. Hubungan antar komputer ini memungkinan pengguna untuk melakukan pekerjaan secara bersama-sama, tanpa perlu bertatap muka.

Contoh sederhananya misalnya email atau facebook. Kadang kita menggunakan email atau facebook untuk kepentingan pekerjaan bukan? Nah, bayangkan jika kita bisa memanfaatkan hal-hal yang ada dalam dunia IT, misalnya email dan facebook, untuk mengerjakan pekerjaan kantor di rumah kita sendiri. Jadi tidak perlu lagi pergi ke kantor.

Sebenarnya sedikit demi sedikit, sadar atau tidak, kita sudah menggunakannya lho. Hanya saja memang belum massive dan belum ada kesepakatan bersama tentang cloud office atau cloud computing ini.

Contoh kasus begini. Bapermasdes Provinsi Jawa Tengah mengirim scan surat undangan atau permintaan data ke Bapermas Kab. Banyumas. Surat tersebut diterima oleh TU, kemudian diteruskan ke Kepala Bapermas Banyumas. Kepala Bapermas mendisposisi surat tersebut melalui email juga ke Kepala Bidang. Kemudian Kepala Bidang menindaklanjutinya melalui email juga.

Bayangkan semua hal tersebut dilakukan di rumah masing-masing. Keren kan? Bagi saya, kinerja itu bukan sekedar absen, bukan sekedar output, tapi ke arah outcome. Baik untuk instansi, maupun untuk si pekerja sendiri.

Ga lucu kan kalau misalkan anak atau keluarga kita sedang sakit, tapi kita dipaksa pergi ke kantor? Padahal pekerjaan itu bisa kita lakukan di rumah tanpa meninggalkan keluarga kita.

how to buy car insurance online

Share on :