Cara Super Cepat Input Data Anggota Keluarga (1)

Data Anggota Keluarga yang begitu banyak membuat banyak pengampu profil desa/ kelurahan di Kabupaten Banyumas mengalami kesulitan. Terdorong hal ini, salah satu perangkat desa di Kabupaten Banyumas, tepatnya Perangkat Desa di Desa Banjaranyar Kecamatan Sokaraja membuat aplikasi khusus untuk membantu input data AK.

Berikut ini tutorialnya.

Setelah download aplikasinya, extract menggunakan salah satu aplikasi extractor. Saya menggunakan aplikasi 7zip.

Setelah di extract, akan muncul folder 'inputbip'. Di dalamnya ada file 'setup'. Klik 2 kali, dan klik next dst sampai instalasi selesai.

Jika sudah selesai, akan muncul shortcut di desktop seperti gambar di bawah ini. Klik kanan pada shortcut tersebut, dan pilih 'Open File Location'

Akan muncul windows baru yang berisi 2 file, yaitu file DATA (excel) dan file aplikasi Input BIP

Rename/ ganti nama file DATA menjadi DATA1.

Kemudian buka file DATA1, dan ganti dengan file BIP desa. Sebelumnya, urutkan dulu data BIP sesuai kebutuhan. Maksudnya adalah agar menyamakan tampilan/ urutan data di BIP dengan di Prodeskel. Caranya lihat di sini.

Setelah data BIP di Sort/ diurutkan, tekan tombol F12 (save as). Simpan data tersebut dengan nama DATA. Pastikan file tersebut berada satu folder yang sama dengan DATA1 dan INPUT BIP. Selesai.

Selanjutnya kita akan mencoba menggunakan Aplikasi Input BIP dan Prodeskel.


how to buy car insurance online

Share on :